Selasa, 21 Oktober 2014
SKH Cenderawasih Pos - Bagian iklan dan Pemasaran 0967-537655 - email Iklan - Iklancepos@yahoo.com - email redaksi - redaksi@cenderawasihpos.com - cepos_jpr@yahoo.com
 
   
Kamis, 06 September 2012 , 17:59:00

Gedung UT Papua Diresmikan

      JAYAPURA-Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. Dalam menyelenggarakan pendidikan tersebut, UT menurut Ketua UT Papua, Drs. Ngadiono, M.Si., telah terakreditasi baik secara nasional maupun internasional. 
     “Untuk tingkat nasional, UT memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT dan untuk tingkat internasional, UT mendapat sertifikasi kualitas dari The International Council for Open and Distance Education (ICDE) dalam berbagai bidang manajemen,” ungkap Ngadiono kepada wartawan di sela-sela peresmian Gedung UT Papua di Waena, Distrik Heram, Selasa (4/8).
Dikatakan, UT ini sendiri diresmikan oleh pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. “Jadi istilah terbuka dalam system pendidikan mengandung makna setiap orang dapat menjadi mahasiswa UT tanpa adanya batasan,” jelasnya.
“Sedangkan istilah jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara belajar dan yang mengajar. Jadi jarak ini dijembatani dengan media yang khusus dikembangkan untuk system belajar jarak jauh,” sambungnya.
Di tempat yang sama Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura,      Drs. Festus Simbiak, M.Pd., mengatakan, UT merupakan universitas negeri yang sejajar dengan universitas yang lain yang ada di Indonesia termasuk Uncen Jayapura.
Dikatakan, selama ini UT dan Unit Program Belajar Jarak Jauh-Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang berkedudukan di Uncen Jayapaura, maka Uncen Jayapura sebagai universitas negeri di Papua, diberi tugas untuk membantu menyediakan tempat untuk UT di Kampus Uncen Abepura.
Namun dengan adanya peresmian Gedung UT Papua, maka  kedepan Uncen Jayapura menurut Rektor Festus Simbiak, kedepan Uncen Jayapura kemungkinan bukan lagi sebagai pembina tetapi partner atau mitra untuk mewakili UPBJJ-UT di Papua.
Untuk itu, sebagai mitra atau partner, Uncen Jayapura menurutnya, tetap masih menyediakan tenaga pengajar sehingga berbagai kegiatan tutorial di UT Papua tetap bias berjalan lancar termasuk pelaksanaan ujian setiap akhir semester.(jo/nat)
 
    JPNN.COM | UT Mendapat Akreditasi Nasional dan Internasional
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "UT Mendapat Akreditasi Nasional dan Internasional"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu
Oleh Dahlan Iskan Menteri BUMN  TIGA jam sebelum mendarat di New York Sabtu malam WIB, saya ...
Other