Sabtu, 22 November 2014
SKH Cenderawasih Pos - Bagian iklan dan Pemasaran 0967-537655 - email Iklan - Iklancepos@yahoo.com - email redaksi - redaksi@cenderawasihpos.com - cepos_jpr@yahoo.com
 
   
Jum'at, 25 November 2011 , 18:36:00

JAKARTA-Aksi pengejaran terhadap kelompok bersenjata yang diduga menjadi biang keonaran dan aksi kekerasan di Papua terus dilakukan.  Polisi menyebutkan telah menangkap 12 warga yang diduga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Rabu (23/11). Ini merupakan hasil penyisiran di permukiman warga yang dijadikan sebagai area persembunyian.
 "Kita berhasil menangkap 12 orang ini diduga terlibat dalam kasus penembakan maupun penyerangan di kantor distrik ketahanan pangan di Mulia,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Saud Usman Nasution di Mabes Polri Jakarta, Kamis (24/11).
 Dari jumlah ini, Saud menyebut satu diantaranya berinisial SW tewas tertembak oleh aparat karena berupaya melarikan diri. Belakangan dari hasil pemeriksaan tersangka lainnya polisi menyimpulkan SW adalah anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).
 “Dari hasil pemeriksaan ternyata dia (SW) pelaku dari kelompok OPM yang menyerang kantor ketahanan pangan, Poskotis di Brimob Puncak Jaya," ujar Saud.
 Dalam penangkapan ini, Polisi menyebut warga yang diduga anggota OPM ini mencari perlindungan di Honai milik warga. Namun setelah penyisiran warga dikumpulkan dan dipisahkan mana anggota OPM dan warga biasa.
“Pada saat penangkapan mereka bersembunyi di Honai lalu dipisah-pisahkan mana penduduk asli dan pendatang. Lalu ditelusuri dan diinterogasi mana yang terkait kelompok pengacau,” tambahnya.
 Dikatakannya, OPM itu membaur dengan warga dalam rumah-rumah adat setempat. Namun meski menampung buruan polisi, polisi tidak memproses warga yang rumahnya dijadikan persembunyian. Alasannya posisi warga sangat dilematis. Jika mereka melapor, para tamu-tamu mereka itu kerap mengancam melakukan pembalasan.
“Terkadang kalau misalnya melaporkan, takutnya ada tindak balas dendam dari orang itu,” ujar Saud di Mabes Polri Jakarta, Kamis (24/11).
 Ke-12 warga yang ditangkap itu berinisial JT, KW, YW, SP, AT, KT, KW, WT, PT, MT, S alias P dan YW. Adapun satu warga yang tertambak polisi karena diduga hendak melarikan diri adalah berinisial SW.(zul/jpnn)
 
    JPNN.COM | Diduga OPM, 12 Warga Ditangkap, Satu Tewas Tertembak
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Diduga OPM, 12 Warga Ditangkap, Satu Tewas Tertembak"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu
Oleh Dahlan Iskan Menteri BUMN  TIGA jam sebelum mendarat di New York Sabtu malam WIB, saya ...
Other