Jum'at, 29 Agustus 2014
SKH Cenderawasih Pos - Bagian iklan dan Pemasaran 0967-537655 - email Iklan - Iklancepos@yahoo.com - email redaksi - redaksi@cenderawasihpos.com - cepos_jpr@yahoo.com
 
   
Rabu, 11 Mei 2011 , 06:46:00

KEBIJAKAN Pemkot Jayapura yang menjadikan Puskesmas sebagai salah satu unit pengelola anggaran mulai tahun ini, betul-betul memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan di Puskesmas seperti yang dialami Puskesmas Perumnas 1 Heram. Bagaimana pelayanan di Puskesmas Heram yang terletak di Perumnas I, Waena, saat ini ?
Laporan:  Korneles Watkaat, Jayapura
      Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura untuk menurunkan anggaran untuk dikelola langsung oleh Puskesmas mendapatkan respon positif dari para tenaga kesehatan di Puskesmas. Pasalnya kepercayaan yang diberikan Pemkot Jayapura tersebut, diakui sangat membantu peningkatan pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas.
     Kepala Puskesmas Perumnas 1, Kelurahan Waena, Distrik Heram, Korina Beris, SKM, mengatakan, dengan memiliki Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sendiri, pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih ditingkatkan. Pasalnya dengan kebijakan Pemkot Jayapura tersebut, setiap Puskesmas menurutnya bisa langsung mengambil kebijakan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
    Diakuinya, kebijakan Pemkot Jayapura yang mulai diterapkan tahun ini sangat membantu Puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk Puskesmas Perumnas 1 sendiri menurut Korina dengan anggaran yang dimiliki berbagai upaya peningkatan pelayanan telah dilakukan seperti pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) yang buka 24 jam termasuk hari libur dan pelayanan  konsultasi klinik Voluntary Counseling Testing (VCT).
  "Disamping itu, juga ada pelayanan di luar gedung,  seperti pelayanan Puskesmas Keliling dengan melakukan pelayanan di Kampung Wamena, Bumi Perkemahan (Buper) Waena dan satu lokasi lagi di Kampwolker Atas.  Lokasi tersebut dipilih karena mayoritas warganya secara ekonomi tergolong kurang mampu," terangnya kepada Cenderawasih Pos.
"Memang ada peningkatan pelayanan sebelum adanya DPA, karena dulu kami memang dana semua terima dari dinas dan baru tahun ini kami dipercayakan kelola dana sendiri. Jadi kami memang sangat berterima kasih kepada pemerintah kota yang memberikan kesempatan kepada Puskesmas untuk kelola dana sendiri," sambungnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Puskesmas Perumnas 1 menurutnya masih terkendala tenaga medis, utamanya di Poliklinik Gigi yang membutuhkan 1 tenaga dokter dan satu tenaga perawat.  "Pasien di Polik Gigi setiap hari juga banyak, sementara SDM tidak memadai dan ini menjadi kendala bagi kami. Pelayanan di Poli Umum dan Poli Gigi beda, karena pelayanan di Poli Gigi saja untuk satu pasien membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus lakukan pencabutan gigi, dan perawatan gigi," tandasnya.
    Ditambahkan, sebetulnya SDM di Puskesmas Perumnas I Waena,  cukup memadai. Namun sebagian tenaga yang ada di Puskesmas Perumnas 1 menurut Korina dipindahkan ke Puskesmas Yoka yang baru dibuka. Disamping masih membutuhkan tenaga medis, Puskesmas Perumnas 1 juga masih membutuhkan butuh ruangan untuk pelyanan VCT. "Sebab untuk pelayanan VCT tidak bisa digabung dengan pelayanan lainnya," tandasnya. (bersambung)
 
 
    JPNN.COM | Melihat Aktivitas Pelayanan di Sejumlah Puskesmas di Kota Jayapura (Bagian-2)
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Melihat Aktivitas Pelayanan di Sejumlah Puskesmas di Kota Jayapura (Bagian-2)"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu
Oleh Dahlan Iskan Menteri BUMN  TIGA jam sebelum mendarat di New York Sabtu malam WIB, saya ...
Other