Minggu, 20 April 2014
SKH Cenderawasih Pos - Bagian iklan dan Pemasaran 0967-537655 - email Iklan - Iklancepos@yahoo.com - email redaksi - redaksi@cenderawasihpos.com - cepos_jpr@yahoo.com
 
   
Kamis, 15 September 2011 , 05:52:00

Agustus, Berhasil Amankan 1.460 Batang Bibit Jeruk

JAYAPURA-Untuk mencegah masuknya bibit penyakit tanman maupun hewan ke wilayah Provinsi Papua Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura terus melakukan peningkatan pengawasan di pintu-pintu masuk khususnya di wilayah Pelabuhan Jayapura dan Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Pasalnya di dua wilayah ini menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Balai Karantina Boaz Henry Lumbaa, sangat rawan terhdap upaya peyelundupan hewa maupun tumbuhan yang dilarang masuk ke wilayah Papua.
Ia mencontohkan upaya penyelundupan ternak ayam dan tanman jeruk yang masih juga ditemukan. “Pada bulan Agustus lalu, petugas kami di lapangan menemukan 1.460 batang bibit jeruk yang dibawa msuk melalui Bandara Sentani menggunakan eswat Batavia. Selain itu di Pelabuhan Jayapura, petugas kami uga menemukan 1 ekor ayam  Bangkok,” terangnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.
Selain menyita ternak ayam dan bibit jeruk yang berusaha dimasukkan ke wilayah Provinsi Papua tersebut, Boaz mengatakan, 1.460 bibit jeruk dan ternak ayam itu juga tela dimusnahkan. “Pemusnahan ini kami lakukan untuk mencegah masuknya bibit penyakit baik tumbuhan maupun hewan. Terhadap upya peyelundupan hewa dan tumbuhan yang suah dilarang masuk, kami tetap akan bertindak tegas dan tidak akan memberikan toleransi. Sebab kerugian yag dialami masyarakat angat besar apabila ada bibit peyakit yang brhsil masuk melalui media tumbuhan maupun ternak yang msuk tersebut,” tambahnya.
Terkait hal ini, Boaz brharap adanya dukungan dari seluruh komponen masyarakat dan instansi teknis terkait agar ikut memmbantu mencegah masuknya bibit penyakit tumbuhan maupun hewan ke wilayah Papua. (ro/nat)
 
    JPNN.COM | Karantina Tumbuhan Terus Perketat Pengawasan
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Karantina Tumbuhan Terus Perketat Pengawasan"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Dari Buli, Ria Berdikari Ingin Angkat Harga Diri
 Oleh Dahlan Iskan  Menteri BUMN    Tiba di lokasi ini saya diberi pilihan: n ...
Other