Rabu, 23 Juli 2014
SKH Cenderawasih Pos - Bagian iklan dan Pemasaran 0967-537655 - email Iklan - Iklancepos@yahoo.com - email redaksi - redaksi@cenderawasihpos.com - cepos_jpr@yahoo.com
 
   
Kamis, 18 Agustus 2011 , 05:13:00

Komarudin Watubun,SH,MH
 Untuk Maju sebagai Cawagub dalam Pemilukada Papua
 BIAK- Sesuai rencana hari ini Kamis (18/8) Komarudin Watubun,SH,MH diterima dan direstui oleh 7 Suku besar di Kabupaten Kepulauan Yapen, di antaranya: Suku Yawa Onate, Suku Busami, Suku Arui, Suku Wondey, Suku Wonawa, Suku Ampari dan Suku Merbay, untuk maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Papua pada pemilukada Papua tahun 2011 ini.
  Ketua Panitia Penyambutan 7 Suku di Kepulauan Yapen, Martinus Werimon mengatakan, kemarin 7 suku besar di Serui telah mempersiapkan dengan matang terkait segala prosesi penyambutan terhadap Komarudin Watubun, termasuk proses adat mengenai penerimaan dan pemberian restu bagi Komarudin Watubun sebagai anak adat asli Papua asal Yapen untuk maju dalam bursa pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua.
“Ya pada hari ini (Kamis,red) kami 7 suku besar di Serui menyambut dan memberikan restu kepada Komarudin Watubun sebagai anak adat untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, via ponselnya, Rabu (17/8).
  Dikatakannya, setelah prosesi penjemputan dan prosesi adat di Bandara Serui, Komarudin Watubun akan diantar ke kediaman Kepala  Suku Yawa Onate Bernadus David Barangkea untuk dilakukan prosesi adat lebih lanjut, yakni, prosesi di mana Komarudin Watubun yang telah diterima dan direstui sebagai anak adat asli Kepulauan Yapen untuk direstui maju sebagai wakil gubernur yang berpasangan dengan Alex Hesegem sebagai calon gubernur.
   Dijelaskannya, 7 suku dimaksud hanya melakukan restu sebagai wujud tindaklanjut dari pengukuhan Komarudin Watubun sebagai anak adat oleh Suku Tanawani Mora, di Kepulauan Yapen, pada 5 tahun lalu. Maka di sini secara hukum adat Komarudin Watubun sebagai anak asli adat Papua dari suku Tanawani Mora yang adalah juga mendapatkan restu dari 7 suku besar lainnya itu.
  Pemberian restu itu tidak lain dari sikap penghargaan adat terhadap Suku Tanawani  yang memberikan posisi yang sama di tataran para-para adat Tanawani Mora untuk berbicara dan bertindak atas nama adat demi kepentingan masyarakat adat dan masyarakat Provinsi Papua pada umumnya.
   “Komarudin Watubun sudah diterima dan dikukuhkan sebagai anak adat di Keret Tanawani Mora, jadi 7 suku yang lain menghargai itu, maka mereka hadir dan memberikan restu kepada beliau. 7 Suku itu menyatakan sangat menghargai apa yang sudah dilakukan oleh suku Tanawani Mora,” katanya.
  Ditambahkannya, dalam prosesi adat itu, turut hadir dalam memberikan dukungan adalah pilar-pilar stakeholder penting lainnya, seperti pilar perempuan, pilar pemuda, juga dari tokoh agama, dan tokoh masyarakat lainnya.
  “Pengukuhan itu sudah dilakukan oleh suku Tanawani Mora pada 5 tahun lalu, yang sekarang dilakukan adalah pemberian restu dari 7 suku yang lainnya untuk maju dalam kepentingan yang lebih besar, salah satunya Pemilukada Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Papua.  Sebagai calon wakil gubernur adalah sebuah proses politik, tapi yang kami lakukan adalah sebuah prosesi adat,” tandasnya.
  “Pemberian restu itu menyatakan bahwa inilah anak adat kami yang siap kami terima dan didukung dalam kepentingan adat demi melaksanakan sesuatu yang lebih besar kedepannya bagi anak-anak adat khusus anak adat di Yapen maupun tanah Papua umumnya.(nls/fud)
 
    JPNN.COM | Hari ini, 7 Suku di Yapen Berikan Restu Bagi Komarudin Watubun
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Hari ini, 7 Suku di Yapen Berikan Restu Bagi Komarudin Watubun"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Tantangan Baru dari Empat Ruas Itu
Oleh Dahlan Iskan Menteri BUMN  TIGA jam sebelum mendarat di New York Sabtu malam WIB, saya ...
Other